Rapat Koordinasi Bidang Hukum II di Lingkungan Kementerian Pariwisata Tahun 2018

Biro Umum, Kepegawaian, Hukum dan Organisasi (UKHO) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Bidang Hukum II di lingkungan Kementerian Pariwisata pada Tanggal 8 s.d 10 November 2018 di Swiss-Bel Hotel Borneo, Banjarmasin terkait dengan urgensi Naskah Akademik dalam penyusunan Peraturan Perundang-Undangan dan Mekanisme Pembentukan Peraturan Perundang-undangan mengenai organisasi Kementerian/Lembaga. Rapat Koordinasi dihadiri 55 peserta undangan yang terdiri dari Biro UKHO, Biro Keuangan, Biro Komunikasi Publik, Asdep Industri dan Regulasi, Bagian Hukum Sekretariat Deputi di Lingkungan Kementerian Pariwisata, dengan narasumber dari Sekretariat Negara dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Sebelum acara dibuka, Ibu Merry Ruslina Ambarita selaku Ketua Pelaksana sekaligus Kepala Bagian Hukum, Organisasi dan Tata Laksana menyampaikan laporan acara, yaitu mengenai jumlah peserta, dasar diselenggarakan acara dan maksud dan tujuan diselenggarakan acara.

“Dasar diselenggarakan acara ini adalah Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 11 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pariwisata dan Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 8 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pembentukan Peraturan Menteri di Lingkungan Kementerian Pariwisata. Adapun maksud dan tujuan diselenggarakan acara tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang hukum, khususnya dalam penyusunan Peraturan Perundang-Undangan dan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bidang hukum, khususnya mengenai penyusunan Peraturan Perundang-Undangan  bagi unit kerja di lingkungan Kementerian Pariwisata.” ujar Ibu Merry.

Kepala Biro Umum, Kepegawaian, Hukum dan Organisasi, Bapak Cecep Rukendi membuka acara tersebut. Beliau menghimbau para pegawai yang berada di bagian hukum untuk terus meningkatkan kompetensinya, walaupun saat ini bagian hukum memenuhi capaian-capaian dan prestasi. Mulai dari pembuatan sampai pengintegrasian JDIH sampai memenangkan perkara Kementerian Pariwisata di Pengadilan.

Setelah dibuka, acara tersebut dilanjutkan dengan pemaparan dari Bapak Septyarto Priandono dari Badan Pembinaan Hukum Nasional, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan judul “Penyusunan Naskah Akademik Peraturan Perundang-undangan” dan dilanjutkan dengan pemaparan Ibu Ni’mah Hidayah dari Sekretariat Negara dengan judul “Peraturan Perundang-undangan mengenai Organisasi Kementerian/Lembaga”.

Share This Post: